MEDIA ONLINE FACEBOOK SEBAGAI SITUS JEJARING SOSIAL PERTEMANAN DI KALANGAN MAHASISWA
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfUrO9WjVhzmJgheSRLhRl-EKVRg2rHt9v1WRhZJz46fWkz9qN8pMkGhNccELLj_NooPASm0H6zvYYYYYA9dql6atgIKMaf3_fFENV0V83z0Ld-LPJr8CCsvXurb8gD1gaIuTwfdAS5B_M/s320/UNSOED.png)
Oleh :
Rieka Wibowo
F1C008080
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
PURWOKERTO
2010
A. LATAR BELAKANG MASALAHRieka Wibowo
F1C008080
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
JURUSAN ILMU KOMUNIKASI
PURWOKERTO
2010
Pencarian kebutuhan informasi melalui keterlibatan proses komunikasi, dilakukan manusia sebagai usaha untuk semakin meningkatkan, memperbaiki dan memperbaharui taraf hidupnya seiring perkembangan peradaban yang semakin maju.kebutuhan dan keinginan untuk selalu beriringan dengan informasi tersebut, berevolusi menimbulkan suatu pemikiran yang terintegerasi pada konvergensi teknologi komunikasi global. Wujud nyata dari teknologi komunikasi baru terangkum dalam media telematics. Dalam penggabungan tersebut juga dimasukkan bentuk jaringan informasi yang mudah dan cepat diraih, disebut sebagai “the informations super highway” . The informations super highway ini merupakan istilah lain dari kemampuan suatu medium baru yaitu internet yang tidak lain ialah salah satu bentuk dari CMC yaitu Computer Mediated Communication.
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan – jaringan komputer lokal dan regional uang memungkinkan komunikasi data antar komputer – komputer yang terhubung ke jaringan internet tersebut. Internet merupakan hasil dari CMC sebagai pengintegrasian antara teknologi dengan kehidupan sehari – hari. Banyaknya sebutan yang diberikan oleh para pengguna internet antara lain cyber, e-world, dunia maya dan sebagainya, sedangkan website atau situs adalah nama alamat untuk mengaksesnya (Ramelan, 2000:1). Keunggulan internet dengan teknologi komunikasi yang lain diantaranya tingkat interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk penyiaran pesannya dan dalam seketika waktu dengan ribuan orang. Selain itu, keunggulan internet lainnya yaitu tidak adanya batasan geografis sehingga internet menyebabkan terbentuknya begitu banyak perkumpulan berbagai orang dan kelompok .
Salah satu bentuk teknologi komunikasi internet sebagai hasil dari Computer Mediated Communication ialah penggunaan situs jejaring sosial Facebook. Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Febuari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seseorang mahasiswa Harvard. Nama ini ia ambil dari buku facebook yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam suatu kampus. Pada sejumlah college dan sekolah preparatory di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa mengenal orang lain di kampus bersangkutan.
Sejak peluncurannya, situs jejaring sosial Facebook telah memikat hati penggunanya. Mulai dari siswa sekolah hingga orang dewasa menggunakan situs facebook sebagai media jejaring sosial. Di kota – kota besar di Indonesia saat ini masyarakat sedang dilanda penggunaan situs facebook khususnya adalah mahasiswa. Mahasiswa sebagai kaum intelektual merupakan salah satu pengguna media online yang aktif. Facebook menjadi suatu yang fenomena dan membooming di kalangan mahasiswa sehingga mahasiswa sangat sering mengakses situs ini. Situs yang merupakan salah satu dari bentuk CMC ini menjadi sangat dibutuhkan mahasiswa karena bukan hanya memberikan informasi akan tetapi lebih kepada jaringan sosial pertemanan dimana melalui facebook inilah mahasiswa dapat melakukan komunikasi interpersonal dan membentuk suatu pertemanan bahkan kelompok sosial. Hal ini tentulah sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan menjadi minat utama oleh para mahasiswa untuk menggunakan media online facebook sebagai jejaring pertemanan. Para mahasiswa yang baru menginjak perhuruan tinggi adalah remaja dalam proses bertumbuh dan pada masa remaja ini mereka menyamakan dirinya dengan orang lain atau lingkjungan dan dirinya sendiri. Pada masa inilah mahasiswa memiliki kekawatiran yang besar akan rasa ketiunggalan jaman.
Melihat hal yang demikian, penggunaan media online facebook dibutuhkan dan diminati oleh mahasiswa sebagai media jejaring pertemanan sebagai wadah membentuk jaringan sosial dalam kehidupan. Salah satu bentuk dari Computer Mediated Communication inilah menjadi membooming dan dibutuhkan sebagai komunikasi interpersonal oleh masayarakat dan juga sumber informasi.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang ada dalam makalah diatas yaitu sebagai berikut :
Bagaimana media online facebook sebagai situs jejaring sosial peretemanan di kalangan mahasiswa pada umumnya ?
C. ISI
c.1. Teknologi Komunikasi
Di era saat ini, teknologi komunikasi sudah menjadi hal yang sangat penting dan dibiutuhkan bagi kehidupan masyasrakat pada umumnya. Perkembangan teknologi komunikasi dari waktu ke waktu semakin berkembang dengan canggih dan pesat. Bahkan kehidupan manusia sudah sangat tergantung dengan keberadaan teknologi komunikasi itu sendiri.
Teknologi berasal dari kata tekhne dan logia (Yunani) yang secara harafiah berartiu ilmu tentang seni dan keahlian. Kata teknologi juga berasal dari kata texere yang artinya membangun atau mendirikan. Pada perkembangannya teknologi dimaknai sebagai proses penciptaan alat dan mesin oleh manusia yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan bahan – bahan yang ada di lingkungannya. Sedangkan istilah communication berasala dari bahasa latin yang artinya pemberitahuan dan pertukaran. Shanon dan Weaver mendefinisikan komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lisan, seni bahkan teknologi. Melihat dari definisi – definbisi tersebut, maka teknologi komunikasi dapat diartikan sebagai proses penciptaan alat yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan informasi.
Teknologi komunikasi dapat membawa seorang individu melintasi batas ruang dan dimensi waktu serta mendapatkan informasi yang belum didapat sebelumnya. Saat ini teknologi komunikasi telah berhasil mengintegerasikan teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi multimedia. Penggabungan teknologi komputer dengan telekomunikasi telah melahirkan kenyataan dimensi tiga yakni kenyataan maya atau virtual yang dapat melahirkan format masyarakat baru. Masyarakat yang dibentuk dalam kenyataan virtual dikenal sebagai masayarakat cyber dan tempat sebagai ruangnya disebut cyber space.
c.2. Jejaring Sosial
Computer Mediated Communication memahami bagaimana proses interaksi secara online di dalam suatu jaringan komputer terbesar yaitu internet. Internet sebagai media elektronik yang mampu menghubungkan antar individu yang satu dengan individu lainnya secara langsungf merupakan media komunikasi yang dapat digunakan secara masal. Internet sudah tidak lagi menganggap jarak dan waktu sebagai sebuah penghambat. Internet merupakan hasil dari perkembangan teknologi komputer dimana para pengguna bisa saling mentransfer dan menerima data paket informasi secara visual berbentuk teks, gambar, suara maupun video pada suatu sistem jaringan yang terkoneksi secara online.
Saat ini telah marak bermunculan komunitas – komunitas di internet. Banyak bentuk dan jenis komunitas di dunia maya. Istilah komunitas ini dapat disebut sebagai social networking atau jejaring sosial atau jaringan sosial. Jejaring sosial atau social networking adalah sebuah penggunaan website untuk menghubungkan orang – orang yang memiliki kesamaan minat personal atau profesional, tempat tinggal, pendidikan dan lain – lainnya.
Jejaring sosial merupakan suatu jalan dimana setiap individu maupun organisasi berhubungan baik dalam dunia maya bahkan suatu hubungan kekerabatan dan pertemanan. Pertemanan dalam web ini sendiri berkembang menjadi komunitas maya dimana para anggotanya bertemu secara virtual untuk membina suatu hubungan kekerabatan dan pertemanan itu sendiri. Komunitas maya atau masyarakat yang dimediasi internet menggunakan perangkat lunak sosial untuk mengatur aktivitas dari para anggota. Selain itu secara materi, jejaring sosial mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat sehingga tanpa disadari komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya.
c.3. Facebook sebagai Situs Pertemanan di Kalangan Mahasiswa
c.3.1. Definisi Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para penggunadapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman – teman mereka, mengirim pesan dan memperbaharui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya dengan kata lain facebook dapat menjadi situs pertemanan sebagai salah satu media jejaring sosial. Pada awalnya Facebook disebut The Facebook dan dimulai dengan sebuah website hasil hobi karya salah seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Karena website tersebut disukai dan penggunanya mulai menyarankan teman – teman mereka untuk ikut bergabung maka the facebook menyebar ke universitas lain di penjuru negeri dan akhirnya menyebar secara internasional.
Facebook pertama kali didirikan pada 4 Febuari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaanya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Standford, NYU, Northwestern dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy Leaque. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut – turut dalam kurun waktu selama satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang – orang yang memiliki alamat email universitas dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Menurut Bharata (2008:3-4), booming Facebook daripada media online lainnya sekarang ini tidak lepas dari kelebihan – kelebihan yang dimilikinya. Ada 12 kelebihan kurang lebihnya yang dimiliki dari facebook sebagai media online yakni :
1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2. No Advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utama kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang memiliki keberadaan yang sama, misal Indonesia.
4. Group, berbeda dengan media online lainnya yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantasisnya jumlah foto tidak dibatasi atau unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke poengguna lainnya. Berbeda dengan media online lainnya yang hanya menyediakan buletin.
7. Event,kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita inginkan sehinggga pengguna lain mengetahui.
8. Status Update, kita bisa mengisi status kita disaat sedang melakukan aktivitas kapanpun dan apapun itu aktivitasnya.
9. Mobille Access, fitur yang sangata mobile. Kita bisa update status, add friend atau kegiatan facebook yang lainnya yang hampir sama dengan mengirim SMs atau disebut juga SMS Banking.
10. Mobile Browsing,kita bisa mengakses website facebook langsung dari handphone. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibandingkan mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari facebook platform.
Sebagai salah satu layanan jaringan sosial internet, facebook memungkinkan kita untuk dapat membentuk jaringan pertemanan yang luas dan besar. Dari jaringan pertemanan tersebut, kemudian terbentuklah hubungan kekerabatan atau pertemanan melalui komunikasi interpersonal dengan memperhatikan aktivitas mereka, menambahkan teman atau jaringan berdasarkan organisasi sekolah, daerah atau domisili kita dan seterusnya. Sehingga dapat dikatakan bahawa media facebook bukan hanya sebagai media informasi melainkan merupakan media online secara komunikasi interpersonal dimana disebut juga sebagai suatu situs pertemanan.
c.3.2. Penggunaan Facebook sebagai Situs Pertemanan di kalangan Mahasiswa
Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang merupakan salah satu pengguna media online yang aktif. Mahasiswa adalah remaja dimana merupakan proses transisi dari periode anak hingga dewasa. Mahasiswa sudah tergolong dalam remaja madya atau middle adolescence dimana pada tahap iniremaja sangat membutuhkan kawan – kawan. Ia senang apabila banyak teman yang menyukai sehingga remaja pada tahap ini berusaha untuk membuka jalur kekerabatan atau pertemanan agar ia dapat diakui dalam suatu lingkup sosial. Facebook telah menjadi suatu fenomena yang sedang booming saat ini dikalangan mahasiswa, sehingga menyebabkan mahasiswa keranjingan untuk mengaksesnya. Menurut Sulaeman, para mahasiswa yang baru menginjak perguruan tinggi adalah remaja dalam arti bahwa mereka masih dalam proses bertumbuh, diantara mereka masih menghadapi tugas – tugas baru yang diselesaikannya pada masa remaja seperti menyamakan dirinya dengan orang lain atau lingkungannya dan dirinya sendiri. Pada masa itu berarti kekawatiran mahasiswa akan rasa ketinggalan jaman masih sangat besar.
Melihat hal yang demikian, disinilah media online facebook sebagai sabuah situs pertemanan, dimana melalui jejaring sosial ini, mahasiswa akan menemukan banyak teman baru dari berbagai kalangan yang bahkan berbeda wilayah seperti negara sekalipun dalam kurun waktu yang relative singkat. Melalui facebook, komunikasi interpersonal pun terjadi dimana pengguna akan melakukan interaksi dalam suatu komunitas online dengan memebuat identitas yang baru dan secara aktif mencari norma – norma baru agar diterima oleh pengguna lainnya. Melalui facebook, mahasiswa dapat saling berkenalan, mengobrol via chat, memberikan wall atau testimonial yang pada akhirnya membentuk pertemanan di dunia maya. Bahkan saat ini yang berawal dari dunia maya ini, bisa menjadi dunia nyata disaat akhirnya mereka melakukan kesepakatan untuk saling bertemu dan membina hubungan pertemanan secara nyata. Hubungan pertemanan itu juga bisa diorganisasikan melalui group – group yang dihadirkan melalui facebook dimana setiap pengguna facebook yang join group dapat mengetahui aktivitas bersama di dalam sebuah group.
Melihat hal demikian, facebook merupakan situs jejarring sosial yang sangat diminati bahkan menjadi kebutuhan dari mahasiswa sebagai situs pertemanan karena mahasiswa membutuhkan pertemanan untuk dapat berada dalam suatu lingkup sosial. Mereka membutuhkan pengakuan dari lingkup sosialnya sehingga sebvanyak mungkin mereka membina suatu hubungan yang baik antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain. Akan tetapi penggunaan facebook itu sendri bukan hanya diaplikasikan kepada mahasiswa saja melainkan dari anak sekolah, remaja, ibu, bapak, perkantoran, bisnis hingga tua. Penggunaan teknologi komunikasi online Facebook mampu memberikan manfaat sebagai suatu proses komunikasi antara individu yang satu dengan individu yang lain.
D. KESIMPULAN DAN SARAN
Facebook merupakan salah satu media online yang merupakan bentuk dari Computer Mediated Communication (CMC) sebagai jejaring sosial dalam membina suatu hubungan kekrabatan dan pertemanan. Kegunaan akan facebook itu sendiri telah dirasakan di era teknologi saat ini yang membutuhkan proses komunikasi dan interaksi secara instant dan cepat. Bahkan penggunaan facebook telah menjadi suatu fenomena besar di dalam kehidupan masyarakat karena memboomingnya penggunaan facebook itu sendiri. Demikian pula yang dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai kaum intelektual yang secara aktif menggunakan media online. Bagi mahasiswa, kebutuhan pemakaian facebook sudah menjadi kebutuhan primer dalam membina hubungan pertemanan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Bahkan mahasiswa memiliki motivasi yang besar dalam penggunaan facebook terhadap kepuasan pemenuhan kebutuhan mereka. Oleh karena itu pemakain facebook sebagai jejaring sosial pertemanan dapat dilihat dan diteliti pula melalui pendekatan Uses and Gratification.
E. DAFTAR PUSTAKA
Bharata, Addy Sukma Al Kalam. 2008. Ayo Buat Facebook-mu Menarik. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Kurniali, Sartika. 2009. Step by Step Facebook. Edisi ke-4. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Noegroho, Agoeng, dkk. 2004. Teknologi Komunikasi sebuah Perspektif Sosial. Purwokerto
Ramelan, Windiaprana. 2000. Pengantar Internet. Penerbit Lepkom Gundarma. Jakarta.
Roggers, Evvert M. 1986. Communications Technology : The New Media in Society. The Free Press macmilan Inc. London.
Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grassindo. Jakarta.
Sumber lain:
www.google.com yang diakses pada tanggal 8 Juni 2010 pukul 14.00 WIB
www.wikipedia.com yang diakses pada tanggal 8 Juni 2010 pukul 14.00 WIB
Internet adalah suatu jaringan komputer global yang terbentuk dari jaringan – jaringan komputer lokal dan regional uang memungkinkan komunikasi data antar komputer – komputer yang terhubung ke jaringan internet tersebut. Internet merupakan hasil dari CMC sebagai pengintegrasian antara teknologi dengan kehidupan sehari – hari. Banyaknya sebutan yang diberikan oleh para pengguna internet antara lain cyber, e-world, dunia maya dan sebagainya, sedangkan website atau situs adalah nama alamat untuk mengaksesnya (Ramelan, 2000:1). Keunggulan internet dengan teknologi komunikasi yang lain diantaranya tingkat interaksi dan kecepatan yang dapat dinikmati pengguna untuk penyiaran pesannya dan dalam seketika waktu dengan ribuan orang. Selain itu, keunggulan internet lainnya yaitu tidak adanya batasan geografis sehingga internet menyebabkan terbentuknya begitu banyak perkumpulan berbagai orang dan kelompok .
Salah satu bentuk teknologi komunikasi internet sebagai hasil dari Computer Mediated Communication ialah penggunaan situs jejaring sosial Facebook. Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada 4 Febuari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seseorang mahasiswa Harvard. Nama ini ia ambil dari buku facebook yaitu buku yang biasanya berisi daftar anggota komunitas dalam suatu kampus. Pada sejumlah college dan sekolah preparatory di Amerika Serikat, buku ini diberikan kepada mahasiswa atau staf fakultas yang baru agar bisa mengenal orang lain di kampus bersangkutan.
Sejak peluncurannya, situs jejaring sosial Facebook telah memikat hati penggunanya. Mulai dari siswa sekolah hingga orang dewasa menggunakan situs facebook sebagai media jejaring sosial. Di kota – kota besar di Indonesia saat ini masyarakat sedang dilanda penggunaan situs facebook khususnya adalah mahasiswa. Mahasiswa sebagai kaum intelektual merupakan salah satu pengguna media online yang aktif. Facebook menjadi suatu yang fenomena dan membooming di kalangan mahasiswa sehingga mahasiswa sangat sering mengakses situs ini. Situs yang merupakan salah satu dari bentuk CMC ini menjadi sangat dibutuhkan mahasiswa karena bukan hanya memberikan informasi akan tetapi lebih kepada jaringan sosial pertemanan dimana melalui facebook inilah mahasiswa dapat melakukan komunikasi interpersonal dan membentuk suatu pertemanan bahkan kelompok sosial. Hal ini tentulah sangat dibutuhkan oleh mahasiswa dan menjadi minat utama oleh para mahasiswa untuk menggunakan media online facebook sebagai jejaring pertemanan. Para mahasiswa yang baru menginjak perhuruan tinggi adalah remaja dalam proses bertumbuh dan pada masa remaja ini mereka menyamakan dirinya dengan orang lain atau lingkjungan dan dirinya sendiri. Pada masa inilah mahasiswa memiliki kekawatiran yang besar akan rasa ketiunggalan jaman.
Melihat hal yang demikian, penggunaan media online facebook dibutuhkan dan diminati oleh mahasiswa sebagai media jejaring pertemanan sebagai wadah membentuk jaringan sosial dalam kehidupan. Salah satu bentuk dari Computer Mediated Communication inilah menjadi membooming dan dibutuhkan sebagai komunikasi interpersonal oleh masayarakat dan juga sumber informasi.
B. RUMUSAN MASALAH
Adapun rumusan masalah yang ada dalam makalah diatas yaitu sebagai berikut :
Bagaimana media online facebook sebagai situs jejaring sosial peretemanan di kalangan mahasiswa pada umumnya ?
C. ISI
c.1. Teknologi Komunikasi
Di era saat ini, teknologi komunikasi sudah menjadi hal yang sangat penting dan dibiutuhkan bagi kehidupan masyasrakat pada umumnya. Perkembangan teknologi komunikasi dari waktu ke waktu semakin berkembang dengan canggih dan pesat. Bahkan kehidupan manusia sudah sangat tergantung dengan keberadaan teknologi komunikasi itu sendiri.
Teknologi berasal dari kata tekhne dan logia (Yunani) yang secara harafiah berartiu ilmu tentang seni dan keahlian. Kata teknologi juga berasal dari kata texere yang artinya membangun atau mendirikan. Pada perkembangannya teknologi dimaknai sebagai proses penciptaan alat dan mesin oleh manusia yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan bahan – bahan yang ada di lingkungannya. Sedangkan istilah communication berasala dari bahasa latin yang artinya pemberitahuan dan pertukaran. Shanon dan Weaver mendefinisikan komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak disengaja dan tidak terbatas pada bentuk komunikasi verbal, tetapi juga dalam hal ekspresi muka, lisan, seni bahkan teknologi. Melihat dari definisi – definbisi tersebut, maka teknologi komunikasi dapat diartikan sebagai proses penciptaan alat yang digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan penguasaan dan pengolahan informasi.
Teknologi komunikasi dapat membawa seorang individu melintasi batas ruang dan dimensi waktu serta mendapatkan informasi yang belum didapat sebelumnya. Saat ini teknologi komunikasi telah berhasil mengintegerasikan teknologi komunikasi, teknologi informasi dan teknologi multimedia. Penggabungan teknologi komputer dengan telekomunikasi telah melahirkan kenyataan dimensi tiga yakni kenyataan maya atau virtual yang dapat melahirkan format masyarakat baru. Masyarakat yang dibentuk dalam kenyataan virtual dikenal sebagai masayarakat cyber dan tempat sebagai ruangnya disebut cyber space.
c.2. Jejaring Sosial
Computer Mediated Communication memahami bagaimana proses interaksi secara online di dalam suatu jaringan komputer terbesar yaitu internet. Internet sebagai media elektronik yang mampu menghubungkan antar individu yang satu dengan individu lainnya secara langsungf merupakan media komunikasi yang dapat digunakan secara masal. Internet sudah tidak lagi menganggap jarak dan waktu sebagai sebuah penghambat. Internet merupakan hasil dari perkembangan teknologi komputer dimana para pengguna bisa saling mentransfer dan menerima data paket informasi secara visual berbentuk teks, gambar, suara maupun video pada suatu sistem jaringan yang terkoneksi secara online.
Saat ini telah marak bermunculan komunitas – komunitas di internet. Banyak bentuk dan jenis komunitas di dunia maya. Istilah komunitas ini dapat disebut sebagai social networking atau jejaring sosial atau jaringan sosial. Jejaring sosial atau social networking adalah sebuah penggunaan website untuk menghubungkan orang – orang yang memiliki kesamaan minat personal atau profesional, tempat tinggal, pendidikan dan lain – lainnya.
Jejaring sosial merupakan suatu jalan dimana setiap individu maupun organisasi berhubungan baik dalam dunia maya bahkan suatu hubungan kekerabatan dan pertemanan. Pertemanan dalam web ini sendiri berkembang menjadi komunitas maya dimana para anggotanya bertemu secara virtual untuk membina suatu hubungan kekerabatan dan pertemanan itu sendiri. Komunitas maya atau masyarakat yang dimediasi internet menggunakan perangkat lunak sosial untuk mengatur aktivitas dari para anggota. Selain itu secara materi, jejaring sosial mampu mengembangkan ruang gerak kehidupan baru bagi masyarakat sehingga tanpa disadari komunitas manusia telah hidup dalam dua dunia kehidupan yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya.
c.3. Facebook sebagai Situs Pertemanan di Kalangan Mahasiswa
c.3.1. Definisi Facebook
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para penggunadapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman – teman mereka, mengirim pesan dan memperbaharui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya dengan kata lain facebook dapat menjadi situs pertemanan sebagai salah satu media jejaring sosial. Pada awalnya Facebook disebut The Facebook dan dimulai dengan sebuah website hasil hobi karya salah seorang mahasiswa Universitas Harvard, Mark Zuckerberg. Karena website tersebut disukai dan penggunanya mulai menyarankan teman – teman mereka untuk ikut bergabung maka the facebook menyebar ke universitas lain di penjuru negeri dan akhirnya menyebar secara internasional.
Facebook pertama kali didirikan pada 4 Febuari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaanya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston, Rochester, Standford, NYU, Northwestern dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy Leaque. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut – turut dalam kurun waktu selama satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang – orang yang memiliki alamat email universitas dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Menurut Bharata (2008:3-4), booming Facebook daripada media online lainnya sekarang ini tidak lepas dari kelebihan – kelebihan yang dimilikinya. Ada 12 kelebihan kurang lebihnya yang dimiliki dari facebook sebagai media online yakni :
1. Clean Layout, layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.
2. No Advertising, tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu tapi pengguna tidak menyangka itu adalah iklan.
3. Network, pada awal pembuatan account kita disuruh memilih jaringan utama kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini kita dengan mudah menemukan teman yang memiliki keberadaan yang sama, misal Indonesia.
4. Group, berbeda dengan media online lainnya yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah di Facebook kita bisa membuat group dimana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.
5. Photo Album, kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori. Dan fantasisnya jumlah foto tidak dibatasi atau unlimited.
6. Selling, Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke poengguna lainnya. Berbeda dengan media online lainnya yang hanya menyediakan buletin.
7. Event,kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita inginkan sehinggga pengguna lain mengetahui.
8. Status Update, kita bisa mengisi status kita disaat sedang melakukan aktivitas kapanpun dan apapun itu aktivitasnya.
9. Mobille Access, fitur yang sangata mobile. Kita bisa update status, add friend atau kegiatan facebook yang lainnya yang hampir sama dengan mengirim SMs atau disebut juga SMS Banking.
10. Mobile Browsing,kita bisa mengakses website facebook langsung dari handphone. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone akses lebih mudah dan cepat dibandingkan mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.
11. Anti Fake account and Spam, Facebook memiliki fitur yang mantap mencegah account palsu dan spam.
12. Develop your Facebook widget, kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan API dari facebook platform.
Sebagai salah satu layanan jaringan sosial internet, facebook memungkinkan kita untuk dapat membentuk jaringan pertemanan yang luas dan besar. Dari jaringan pertemanan tersebut, kemudian terbentuklah hubungan kekerabatan atau pertemanan melalui komunikasi interpersonal dengan memperhatikan aktivitas mereka, menambahkan teman atau jaringan berdasarkan organisasi sekolah, daerah atau domisili kita dan seterusnya. Sehingga dapat dikatakan bahawa media facebook bukan hanya sebagai media informasi melainkan merupakan media online secara komunikasi interpersonal dimana disebut juga sebagai suatu situs pertemanan.
c.3.2. Penggunaan Facebook sebagai Situs Pertemanan di kalangan Mahasiswa
Mahasiswa merupakan kaum intelektual yang merupakan salah satu pengguna media online yang aktif. Mahasiswa adalah remaja dimana merupakan proses transisi dari periode anak hingga dewasa. Mahasiswa sudah tergolong dalam remaja madya atau middle adolescence dimana pada tahap iniremaja sangat membutuhkan kawan – kawan. Ia senang apabila banyak teman yang menyukai sehingga remaja pada tahap ini berusaha untuk membuka jalur kekerabatan atau pertemanan agar ia dapat diakui dalam suatu lingkup sosial. Facebook telah menjadi suatu fenomena yang sedang booming saat ini dikalangan mahasiswa, sehingga menyebabkan mahasiswa keranjingan untuk mengaksesnya. Menurut Sulaeman, para mahasiswa yang baru menginjak perguruan tinggi adalah remaja dalam arti bahwa mereka masih dalam proses bertumbuh, diantara mereka masih menghadapi tugas – tugas baru yang diselesaikannya pada masa remaja seperti menyamakan dirinya dengan orang lain atau lingkungannya dan dirinya sendiri. Pada masa itu berarti kekawatiran mahasiswa akan rasa ketinggalan jaman masih sangat besar.
Melihat hal yang demikian, disinilah media online facebook sebagai sabuah situs pertemanan, dimana melalui jejaring sosial ini, mahasiswa akan menemukan banyak teman baru dari berbagai kalangan yang bahkan berbeda wilayah seperti negara sekalipun dalam kurun waktu yang relative singkat. Melalui facebook, komunikasi interpersonal pun terjadi dimana pengguna akan melakukan interaksi dalam suatu komunitas online dengan memebuat identitas yang baru dan secara aktif mencari norma – norma baru agar diterima oleh pengguna lainnya. Melalui facebook, mahasiswa dapat saling berkenalan, mengobrol via chat, memberikan wall atau testimonial yang pada akhirnya membentuk pertemanan di dunia maya. Bahkan saat ini yang berawal dari dunia maya ini, bisa menjadi dunia nyata disaat akhirnya mereka melakukan kesepakatan untuk saling bertemu dan membina hubungan pertemanan secara nyata. Hubungan pertemanan itu juga bisa diorganisasikan melalui group – group yang dihadirkan melalui facebook dimana setiap pengguna facebook yang join group dapat mengetahui aktivitas bersama di dalam sebuah group.
Melihat hal demikian, facebook merupakan situs jejarring sosial yang sangat diminati bahkan menjadi kebutuhan dari mahasiswa sebagai situs pertemanan karena mahasiswa membutuhkan pertemanan untuk dapat berada dalam suatu lingkup sosial. Mereka membutuhkan pengakuan dari lingkup sosialnya sehingga sebvanyak mungkin mereka membina suatu hubungan yang baik antara mahasiswa yang satu dengan mahasiswa yang lain. Akan tetapi penggunaan facebook itu sendri bukan hanya diaplikasikan kepada mahasiswa saja melainkan dari anak sekolah, remaja, ibu, bapak, perkantoran, bisnis hingga tua. Penggunaan teknologi komunikasi online Facebook mampu memberikan manfaat sebagai suatu proses komunikasi antara individu yang satu dengan individu yang lain.
D. KESIMPULAN DAN SARAN
Facebook merupakan salah satu media online yang merupakan bentuk dari Computer Mediated Communication (CMC) sebagai jejaring sosial dalam membina suatu hubungan kekrabatan dan pertemanan. Kegunaan akan facebook itu sendiri telah dirasakan di era teknologi saat ini yang membutuhkan proses komunikasi dan interaksi secara instant dan cepat. Bahkan penggunaan facebook telah menjadi suatu fenomena besar di dalam kehidupan masyarakat karena memboomingnya penggunaan facebook itu sendiri. Demikian pula yang dibutuhkan oleh mahasiswa sebagai kaum intelektual yang secara aktif menggunakan media online. Bagi mahasiswa, kebutuhan pemakaian facebook sudah menjadi kebutuhan primer dalam membina hubungan pertemanan antara individu yang satu dengan individu yang lainnya. Bahkan mahasiswa memiliki motivasi yang besar dalam penggunaan facebook terhadap kepuasan pemenuhan kebutuhan mereka. Oleh karena itu pemakain facebook sebagai jejaring sosial pertemanan dapat dilihat dan diteliti pula melalui pendekatan Uses and Gratification.
E. DAFTAR PUSTAKA
Bharata, Addy Sukma Al Kalam. 2008. Ayo Buat Facebook-mu Menarik. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Kurniali, Sartika. 2009. Step by Step Facebook. Edisi ke-4. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.
Noegroho, Agoeng, dkk. 2004. Teknologi Komunikasi sebuah Perspektif Sosial. Purwokerto
Ramelan, Windiaprana. 2000. Pengantar Internet. Penerbit Lepkom Gundarma. Jakarta.
Roggers, Evvert M. 1986. Communications Technology : The New Media in Society. The Free Press macmilan Inc. London.
Wiryanto. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Grassindo. Jakarta.
Sumber lain:
www.google.com yang diakses pada tanggal 8 Juni 2010 pukul 14.00 WIB
www.wikipedia.com yang diakses pada tanggal 8 Juni 2010 pukul 14.00 WIB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar